Selasa, 29 Januari 2013

NEW MEDIA

BAHASA NEW MEDIA



Bahasa New Media mengusulkan kerangka historis dan kritis untuk analisis objek media baru. Teks dimulai dengan pembahasan lima prinsip utama yang membedakan (komputasi) media baru dari yang lama: representasi numerik, modularitas, otomatisasi, variabilitas, dan transcoding. Kepada siapa pun dengan bahkan pengalaman yang paling dasar dengan perangkat komputasi dan perangkat lunak, ini prinsip di perbatasan jelas, bagaimanapun, mereka singkat membingkai diskusi selanjutnya buku dari operasi inti dan affordances objek media baru dan hubungannya dengan produksi budaya.

Manovich mengidentifikasi seleksi, compositing, dan teleaction sebagai operasi utama sistem media baru. Membandingkan perpecahan imajinatif-produktif antara tembakan yang mencirikan montase sinematik dengan pencampuran mulus benda virtual dan nyata dalam karya CGI – dan selanjutnya iterasi ini dibandingkan dengan penjajaran menarik dari Jurassic Park dan lukisan Realisme Sosialis – Manovich melanjutkan untuk membahas benar berkorelasi ke bioskop dan novel yang dibawa oleh media baru, yaitu, database.

Bagian kedua dari belakang buku ini, “The Forms,” berpendapat bahwa, meskipun kecenderungan banyak karya untuk meniru atau echo sistem narasi linear dari bioskop, logika yang mendasari database adalah satu spasial, paradigma dimana – atau apa penulis skenario mungkin sebut “cerita busur” – ditekan dan Sintagma – unit ekspresi yang membangun makna – foregroundkan. Manovich diakhiri dengan diskusi tentang sifat perubahan bioskop dan bentuk budaya lainnya dibawa oleh tantangan dan kemungkinan yang diangkat oleh media baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar