Pengertian E-commerce
E-commerce adalah electronic commerce, merupakan kumpulan teknologi, aplikasi, dan bisnis yang menghubungkan perusahaan atau perseorangan sebagai konsumen untuk melakukan transaksi elektronik, pertukaran barang, dan pertukaran informasi melalui internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya.Kegiatan e-commerce ini merupakan aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berhubungan dengan transaksi komersial, misalnya: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), pemasaran online (online marketing), atau e-pemasaran (e-marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), dll.
Sejarah E-Commerce
Sejarah perkembangan E-commerce di dunia di mulai dari kemunculan internet yang kemudian terus berkembang sehingga timbulah E-commerce. Internet mulai lahir pada tahun 1969 kelompok peneliti Amerika berhubungan dengan empat komputer di UCLA, Stanford Research Institute, Universitas Utah, dan Universitas California di Santa Barbara. Mereka menciptakan sebuah jaringan untuk berkomunikasi antara satu dengan yang lain.
Jaringan ini dikenal dengan istilah ARPAnet – ARPA merupakan singkatan dari Advanced Research Project Agency yang merupakan bagian dari Departemen Keamanan AS. Tiga tahun kemudian, lebih dari lima puluh universitas telah terhubung bersama-sama dalam jaringan (network), dan jaringan komputer yang lain mulai muncul di sekitar negara bagian dan dunia. Seiring dengan perkembangan ARPAnet, yang diikuti pula dengan kerjasama jaringan antara kaum pendidik, dan eksperimen NASA mengenai jaringan komputer, jaringan ini mulai terhubungkan satu dengan yang lain interconnected, inilah awal mula dipakai istilah “Internet”.
Istilah perdagangan elektronik berarti pemanfaatan transaksi komersial, seperti pesanan pembelian atau invoice secara elektronik. Berkembang melalui aktivitas yang mempunyai istilah “perdagangan web” melakukan transaksi pembelian dan penjualan barang dan jasa melalui World Wide Web melalui sebuah server yang dianggap aman (HTTPS).
WEB mulai dikenal masyarakat luas pada tahun 1994, jurnalis banyak beranggapan bahwa e commerce akan menjadi sebuah sector ekonomi yang nantinya akan berkembang dengan pesat. Baru kurang lebih empat tahun protocol HTTPS memasuki tahap matang dan mulai banyak digunakan oleh masyarakat luas. Antara tahun 1998 dan tahun 2000 banyak pebisnis dari Negara AS dan Eropa mengembangkan situs web perdangan ini.
Jaringan ini dikenal dengan istilah ARPAnet – ARPA merupakan singkatan dari Advanced Research Project Agency yang merupakan bagian dari Departemen Keamanan AS. Tiga tahun kemudian, lebih dari lima puluh universitas telah terhubung bersama-sama dalam jaringan (network), dan jaringan komputer yang lain mulai muncul di sekitar negara bagian dan dunia. Seiring dengan perkembangan ARPAnet, yang diikuti pula dengan kerjasama jaringan antara kaum pendidik, dan eksperimen NASA mengenai jaringan komputer, jaringan ini mulai terhubungkan satu dengan yang lain interconnected, inilah awal mula dipakai istilah “Internet”.
Istilah perdagangan elektronik berarti pemanfaatan transaksi komersial, seperti pesanan pembelian atau invoice secara elektronik. Berkembang melalui aktivitas yang mempunyai istilah “perdagangan web” melakukan transaksi pembelian dan penjualan barang dan jasa melalui World Wide Web melalui sebuah server yang dianggap aman (HTTPS).
WEB mulai dikenal masyarakat luas pada tahun 1994, jurnalis banyak beranggapan bahwa e commerce akan menjadi sebuah sector ekonomi yang nantinya akan berkembang dengan pesat. Baru kurang lebih empat tahun protocol HTTPS memasuki tahap matang dan mulai banyak digunakan oleh masyarakat luas. Antara tahun 1998 dan tahun 2000 banyak pebisnis dari Negara AS dan Eropa mengembangkan situs web perdangan ini.
JENIS-JENIS E-COMMERCE
E-Commerce terdiri atas beberapa jenis, yaitu sebagai berikut :
1. Collaborative Commerce (C-Commerce)
Kerjasama secara elektronik antara rekan bisnis. Kerja sama ini biasanya terjadi antara rekan bisnis yang berada pada jalur penyediaan barang (supply Chain).
2. Business-to-Consumers (B2C)
Penjual adalah suatu organisasi dan pembeli adalah individu.
3. Consumer-to-Business (C2B)
Pada jenis ini, konsumen memberitahukan barang atau layanan yang dibutuhkannya, dan selanjutnya organisasi-organisasi bersaing untuk menyediakan barang atau layanan tersebut kepada konsumen.
4. Consumer-to-consumer
Penjualan barang atau layanan antara individu.
5. Intrabusiness(Intraorganizational)Commerce
Pada jenis ini, organisasi menggunakan E-Commerce untuk meningkatkan kegiatan operasi organisasinya. Hal ini dikenal juga dengan sebutan Businessto- Employee (B2E).
6. Government-to-Citizens (G2C) and to others
Pemerintah menyediakan layanan kepada masyarakat melalui teknologi ECommerce. Pemerintah juga dapat melakukan bisnis dengan pemerintah lain (Government-to-Government / G2G) demikian juga dengan organisasi lain (Government-to-Business / G2B).
7. Mobile Commerce (m-Commerce)
E-Commerce yang dilaksanakan pada lingkungan tanpa kabel (wireless environment), seperti menggunakan telepon seluler untuk akses internet.
1. Collaborative Commerce (C-Commerce)
Kerjasama secara elektronik antara rekan bisnis. Kerja sama ini biasanya terjadi antara rekan bisnis yang berada pada jalur penyediaan barang (supply Chain).
2. Business-to-Consumers (B2C)
Penjual adalah suatu organisasi dan pembeli adalah individu.
3. Consumer-to-Business (C2B)
Pada jenis ini, konsumen memberitahukan barang atau layanan yang dibutuhkannya, dan selanjutnya organisasi-organisasi bersaing untuk menyediakan barang atau layanan tersebut kepada konsumen.
4. Consumer-to-consumer
Penjualan barang atau layanan antara individu.
5. Intrabusiness(Intraorganizational)Commerce
Pada jenis ini, organisasi menggunakan E-Commerce untuk meningkatkan kegiatan operasi organisasinya. Hal ini dikenal juga dengan sebutan Businessto- Employee (B2E).
6. Government-to-Citizens (G2C) and to others
Pemerintah menyediakan layanan kepada masyarakat melalui teknologi ECommerce. Pemerintah juga dapat melakukan bisnis dengan pemerintah lain (Government-to-Government / G2G) demikian juga dengan organisasi lain (Government-to-Business / G2B).
7. Mobile Commerce (m-Commerce)
E-Commerce yang dilaksanakan pada lingkungan tanpa kabel (wireless environment), seperti menggunakan telepon seluler untuk akses internet.
KELEBIHAN & KEKURANGAN E COMMERCE
Kelebihan e commerce :
- Lebih efisien waktu, sebab dengan adanya e commerce pemesanan barang dapat melalui telephone atau situs internet dan dapat diantar.
Kekurangan e commerce :
- Tidak terlalu aman, sebab saat transaksi biasanya menggunakan kartu kredit atau no rekening, itu dapat memungkinkan sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.
- Lebih efisien waktu, sebab dengan adanya e commerce pemesanan barang dapat melalui telephone atau situs internet dan dapat diantar.
Kekurangan e commerce :
- Tidak terlalu aman, sebab saat transaksi biasanya menggunakan kartu kredit atau no rekening, itu dapat memungkinkan sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.
Situs e-commerce di indonesia sangatlah banyak, tetapi saya akan membahas 1 situs saja yaitu : tokobagus.com
Sejarah Tokobagus
Toko Bagus didirikan oleh Arnold Sebastian Egg dan Remco Lupker yang merupakan 2 pemuda asal negeri kincir angin Belanda pada tanggal 9 Juni 2005. Arnold yang saat itu sedang berlibur di pulau Bali mendapatkan ide setelah melihat perkembangan pesat situs e-commerce di Amerika, amazon.com. Menilai dari geografis Indonesia yang terdiri dari berbagai kepulauan dengan jumlah penduduk yang sangat besar, maka tercetuslah ide untuk membuat situs Tokobagus.
Tokobagus.com memulai konsep media jual beli online GRATIS di Indonesia secara ulet. Dengan menggunakan promosi pada saluran TV lokal, radio, dan stiker-stiker yang dibagikan, TokoBagus.com sekarang sudah menjadi media jual beli online yang sangat terkenal dan terpercaya di Indonesia. Dengan promosinya yang kini sudah mencakup TV nasional dan daerah TokoBagus.com sudah menjadi solusi bagi penjual yang tidak memiliki lahan dagang maupun pembeli online.
TokoBagus.com mempunya kantor yaitu PT Toko Bagus, berkantor pusat di Denpasar, Bali. Dulu promo-promo mereka terfokus hanya di Bali dan sekitarnya saja, tetapi kini mereka sering melakukan promo ke luar kota yang sering diadakan pada festival atau pameran komputer.
Dengan 40 kategori yang tersededia mulai dari alat-alat musik, anak-anak dan bayi, buku hingga ke mobil, motor, properti dan lain-lain, TokoBagus.com sudah menjadi situs media jual beli online yang sangat lengkap. Bayangkan ada 40.000 lebih barang yang di pajang hanya pada kategori anak - anak dan bayi saja, dan itupun akan bertamabah setiap menitnya.
Dan dengan fitur-fitur yang terus diperbaharui dan diperbaiki, tidak diragukan lagi bahwa orang-orang yang ada dibalik berjalannya TokoBagus.com adalah orang-orang yang ulet dan pantang memnyerah sehingga menghasilakan web/situs yang sangat besar keberadaanya dan pengaruhnya di Indonesia. Tidak sama denga situs-situs lokal lain yang lebih memilih mempromosikan situsnya secara online atau dengan mengadakan acara dan gathering, TokoBagus.com sudah mencakup TV Nasional, dan itu membuktikan betapa suksesnya TokoBagus.com.
TokoBagus.com mempunya kantor yaitu PT Toko Bagus, berkantor pusat di Denpasar, Bali. Dulu promo-promo mereka terfokus hanya di Bali dan sekitarnya saja, tetapi kini mereka sering melakukan promo ke luar kota yang sering diadakan pada festival atau pameran komputer.
Dengan 40 kategori yang tersededia mulai dari alat-alat musik, anak-anak dan bayi, buku hingga ke mobil, motor, properti dan lain-lain, TokoBagus.com sudah menjadi situs media jual beli online yang sangat lengkap. Bayangkan ada 40.000 lebih barang yang di pajang hanya pada kategori anak - anak dan bayi saja, dan itupun akan bertamabah setiap menitnya.
Dan dengan fitur-fitur yang terus diperbaharui dan diperbaiki, tidak diragukan lagi bahwa orang-orang yang ada dibalik berjalannya TokoBagus.com adalah orang-orang yang ulet dan pantang memnyerah sehingga menghasilakan web/situs yang sangat besar keberadaanya dan pengaruhnya di Indonesia. Tidak sama denga situs-situs lokal lain yang lebih memilih mempromosikan situsnya secara online atau dengan mengadakan acara dan gathering, TokoBagus.com sudah mencakup TV Nasional, dan itu membuktikan betapa suksesnya TokoBagus.com.
Sistem Penjualan di Tokobagus.com yaitu dengan cara : Transfer bank ataupun bayar tunai saat barang diterima.
Kelebihan Tokobagus
1. Caranya daftar gampang dan gratis
Cara daftar di Tokobagus dan cara pasang iklan di Tokobagus sangat gampang. Hanya perlu beberapa menit untuk mendaftar dan jika anda sudah punya barang untuk dijual anda bisa langsung memasang iklan. Yang paling penting adalah memasang iklan di toko online ini tidak dipungut biaya.
2. Banyak pengunjung
Rata-rata situs Tokobagus dikunjungi tidak kurang dari ratusan ribu pengunjung setiap hari baik yang sudah menjadi anggota maupun yang tidak. Dengan banyaknya pengunjung maka peluang barang kita untuk dilihat lebih banyak orang sangat besar.
3. Tokobagus sudah terkenal
Dengan munculnya iklan di tv Tokobagus menjadi semakin terkenal. Pengunjung umumnya sudah tau apa yang ingin mereka cari. Mereka akan mencari barang yang mereka butuhkan di kolom pencarian. Jika mereka tertarik maka dengan sendirinya akan masuk ke toko kita.
4. Ada fasilitas verified account
Bagi pembeli verified account dapat membantu memberi gambaran kalau orang yang diajak bertransaksi dapat dipercaya. Untuk penjual, verified account bisa untuk menambah kepercayaan pembeli. Jika anda punya account segera verifikasi agar anda tidak dicap tidak jelas.
5. Katagori dan Wilayah
Katagory yang beragam dan pembagian sesuai dengan wilayah iklan cukup membantu calon pembeli untuk membeli sebuah barang. Misalnya untuk properti jika kita ada di bandung bisa mencari yang dekat dengan daerah kita tinggal.
Kekurangan Tokobagus
1. Transaksi bisa sedikit tidak aman
Karena Tokobagus bertindak ahanya sebagai perantara, otomatis transaksi tidak kita lakukan dengan pihak Tokobagus tapi dengan pemilik barang. Inilah yang membuat kita lebih berhati-hati bertransaksi dengan penjual. Walaupun ada fasilitas verified account belum membuat kita tenang sebelum menrima barang yang kita beli.
2. Cara Pembayaran transfer bank
Karena Tokobagus adalah situs iklan baris maka di Tokobagus tidak ada fasilitas pembayaran seperti di toko online lainnya. Kita hanya bisa membayar dengan transfer bank atau bayar tunai saat barang diterima.
3. Kualitas Barang
Sama halnya dengan belanja di toko online lainnya, kita tidak dapat melihat barang yang kita beli sebelum ada transaksi khususnya jika wilayah penjual dan pembeli berjauhan kecuali kita bisa bertemu dengan penjual di suatu tempat dan melihat barang yang ingin kita beli. Barang-barnag katagori fashion yang sering mengecewakan. Di gambar mungkin kelihatan menarik namun saat barang kita terma ternyata tidak sesuai dengan harapan.
1. Caranya daftar gampang dan gratis
Cara daftar di Tokobagus dan cara pasang iklan di Tokobagus sangat gampang. Hanya perlu beberapa menit untuk mendaftar dan jika anda sudah punya barang untuk dijual anda bisa langsung memasang iklan. Yang paling penting adalah memasang iklan di toko online ini tidak dipungut biaya.
2. Banyak pengunjung
Rata-rata situs Tokobagus dikunjungi tidak kurang dari ratusan ribu pengunjung setiap hari baik yang sudah menjadi anggota maupun yang tidak. Dengan banyaknya pengunjung maka peluang barang kita untuk dilihat lebih banyak orang sangat besar.
3. Tokobagus sudah terkenal
Dengan munculnya iklan di tv Tokobagus menjadi semakin terkenal. Pengunjung umumnya sudah tau apa yang ingin mereka cari. Mereka akan mencari barang yang mereka butuhkan di kolom pencarian. Jika mereka tertarik maka dengan sendirinya akan masuk ke toko kita.
4. Ada fasilitas verified account
Bagi pembeli verified account dapat membantu memberi gambaran kalau orang yang diajak bertransaksi dapat dipercaya. Untuk penjual, verified account bisa untuk menambah kepercayaan pembeli. Jika anda punya account segera verifikasi agar anda tidak dicap tidak jelas.
5. Katagori dan Wilayah
Katagory yang beragam dan pembagian sesuai dengan wilayah iklan cukup membantu calon pembeli untuk membeli sebuah barang. Misalnya untuk properti jika kita ada di bandung bisa mencari yang dekat dengan daerah kita tinggal.
Kekurangan Tokobagus
1. Transaksi bisa sedikit tidak aman
Karena Tokobagus bertindak ahanya sebagai perantara, otomatis transaksi tidak kita lakukan dengan pihak Tokobagus tapi dengan pemilik barang. Inilah yang membuat kita lebih berhati-hati bertransaksi dengan penjual. Walaupun ada fasilitas verified account belum membuat kita tenang sebelum menrima barang yang kita beli.
2. Cara Pembayaran transfer bank
Karena Tokobagus adalah situs iklan baris maka di Tokobagus tidak ada fasilitas pembayaran seperti di toko online lainnya. Kita hanya bisa membayar dengan transfer bank atau bayar tunai saat barang diterima.
3. Kualitas Barang
Sama halnya dengan belanja di toko online lainnya, kita tidak dapat melihat barang yang kita beli sebelum ada transaksi khususnya jika wilayah penjual dan pembeli berjauhan kecuali kita bisa bertemu dengan penjual di suatu tempat dan melihat barang yang ingin kita beli. Barang-barnag katagori fashion yang sering mengecewakan. Di gambar mungkin kelihatan menarik namun saat barang kita terma ternyata tidak sesuai dengan harapan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar